468x60 Ads


Tata Bahasa Korea - Selamat Datang

SELAMAT DATANG

Selamat Datang Semuanya di Panduan Tata Bahasa Korea! Blog ini sengaja dibuat untuk membantu orang yang ingin belajar bahasa korea dengan menyediakan beberapa materi Tata Bahasa Korea dasar baik Tertulis maupun Lisan. Yang saya tulis diblog ini diambil dari beberapa referensi baik buku, blog, FB, dll. Mudah-mudahan materi di blog ini mudah dimengerti bagi pemula.

Sekarang, apa yang maksud bentuk Tertulis dan Lisan?

Dalam Bahasa Korea, perubahan akhiran kata kerja tergantung pada apakah bahasa yang digunakan Tertulis atau Lisan.
Misalnya, “나는 학교에 갔다” yang berarti “Saya pergi ke sekolah” adalah bentuk Tertulis, dan “나는 학교에 갔어” adalah bentuk Lisan.
  • 나는 학교에 = Saya pergi ke sekolah (bentuk Tertulis seperti dalam karangan, buku, buku harian dan surat kabar) [Lampau]
  • 나는 학교에 = Saya pergi ke sekolah (bentuk Lisan seperti dalam percakapan, film dan drama) [Lampau]
Catatan: Dalam Bahasa Korea, kata kerja terdapat di akhir kalimat setelah objek dan akan mengalami perubahan dari bentuk awalannya (bentuk kamus). Perubahannnya sesuai dengan konteks kalimat dan waktu kegiatan saat berlangsung, misalnya kegiatan masa Lampau atau akan datang. Kata kerja tersebut akan dijelaskan seiring dengan pembahasan selanjutnya.

Seperti yang Anda lihat, perubahan akhiran kata kerja dari 갔다 ke 갔어, keduanya berarti “pergi”. Oleh karena itu, Anda akan mengalami cara yang sedikit berbeda baik bentuk Tertulis dan bentuk Lisan. Tapi jangan terlalu khawatir dengan perbedaan itu, karena ada pola sederhananya, tunggu posting berikutnya dan selalu mengikuti materinya. Hal ini juga penting untuk mempelajari perbedaan dari sudut formalitas dalam Bahasa Korea. Ada tiga jenis utama dari sudut formalitas:
  • Tidak resmi/Informal
  • Sopan
  • Hormat
Dalam menyampaikan kesopanan dalam berbicara, Bahasa Korea berbeda dari bahasa Indonesia. Perubahan di ujung kata kerja tergantung pada umur dan menunjukan tingkat seseorang. Misalnya, saat saya bertanya, “Kemana kamu pergi?” saya mungkin menjawab, “Saya pergi ke sekolah” dengan mengikuti cara berikut:
  • 학교 - [Tak resmi/Informal, untuk orang seumur dengan kita atau lebih muda, terutama diantara teman akrab]
  • 학교가요 - [Sopan, untuk orang lebih tua dengan kita, dan dalam situasi resmi]
  • 학교가는중입니다 - [Hormat, ini jarang digunakan dalam percakapan biasa. Saya katakan pembicaraan jenis ini hanya ditemukan dalam keadaan sangat resmi seperti dalam berita di tv atau dalam kemiliteran]
Kita mengunakan bentuk Sopan bahkan ketika orang yang kita ajak bicara seumur atau lebih muda dari kita dan tidak terlalu dekat atau kurang akrab dengan orang itu. Belajar dan berlatih menggunakan bentuk sopan dulu dan kemudian menggunakan bentuk tidak resmi sambil kita menambah pemahaman Bahasa korea. Saya sarankan untuk tetap menggunakan bentuk sopan walaupun yang kita ajak bicara adalah teman akrab.

Sebelum kita teruskan, disini sedikit sejarah 한글 (Hangeul, abjad korea). Bahasa korea adalah bahasa resmi korea, baik Utara dan Selatan. Ada sekitar 78 juta orang yang berbahasa korea di seluruh dunia. [1]

한글 (abjad korea) ditemukan Raja Sejong dari Dinasti Yi pada abad ke-15. Sebelum itu, orang menggunakan Hanja (persis karakter cina) yang tidak hanya sulit untuk belajar tapi juga jauh berbeda dengan Tata bahasa korea dan pola kalimat. [2]

한글 adalah sistem penulisan fonetik yang berarti bahwa kata-kata sesuai dengan pengucapan. Abjad bahasa inggris adalah fonetis dan sebaliknya karakter cina bukan. Jika anda belajar abjad bahasa inggris, anda bisa baca tulisan bahasa inggris dengan cukup baik meskipun anda mungkin tidak mengerti artinya. Bahasa korea lebih fonetik daripada bahasa inggris dan banyak bahasa lainnya, di setiap konsonan dan vokal dalam bahasa korea sebagian besar hanya memiliki satu bunyi.

Misalnya,
  • = n 
  • = a (seperti dalam mama, suara pendek)
+= [na] (yang artinya "Saya" seperti dalam "Saya" Lukman)

Selanjutnya kita akan belajar menulis dan mengucapkan masing-masing konsonan dan vokal, dan bagaimana membentuk karakter.

0 comments:

Post a Comment

 
| Belajar Bahasa Korea Tata Bahasa Online © 2011 Design by FRAPS Alternative |